Minggu, 22 November 2009

VIAR MODIF SPORTY



Motor VIAR SPORTY (modif body) :

1. > sobleker depan diganti 1 set dengan piringan cakram depan merek LHK. bisa adopsi yg punya motor MX, Jupiter Z, kalau mau lebih pendek adopsi yg punya jupiter.kl saya pake mx trus diturunin kira2 3cm.
2. > spion ganti dengan spion bentuk koso, tapi yg merek koso mahal bisa pake merek extreem, NTT atau tweety harga nya setengahnya.
3. > jok modif ke tukang jok. model cari di internet.dulu warnanya asli merah krn sering dicuci warna jadi pudar, bentar lg mo diganti nih biar mecing lg :)
4.> spakbor under tail dicopot ganti pake yg gak ada spakbornya,, lampu ganti pake led...
5.> knalpot pake nobi allumi racing. suara mantab. cocok yg punya supra/jupiter Z pasnya...
6.> Ban belakang pake 90/80 tubbless FDR flemmo.
7.> Monoshock di ganjal pake arm aftermarket yg buat MX cocok pas banget... cuma 35 K. montor viar ku jadi nungging + 20 derajat... hehe..

8.> rem belakang pake Nissin 2 piston.
9.> Gas Spontan lokal Termignoni.

Modif Mesin :

Berhubung mesin viar Cuma 97cc (50 x 49,5) performa motor tentunya kurang memuaskan dibanding motor yg cc nya sama seperti supra 100, grand, kaze, legenda, supra fit, revo yg sama2 mengusung mesin yg sama 97cc. Viar memang di identikan dengan MOCIN alias motor china tapi aslinya sebenarnya Taiwan. tapi untuk kategori mesin yang pernah saya bongkar ternyata mesin mengusung pake honda grand 100cc. terbukti di piston ada tulisan GND. memang benar kelemahan mocin ada di kelistrikan, pernah saya mengalami rusak di flasher dan bisa diganti dengan yg punya honda C100. selama ini mesin bagus dan tidak ada keruksakan. mungkin perawatan dan pemakaian serta trek yg dilalui (jalan) sangat mempengaruhi awet tidaknya motor :) nah..untuk menaikkan tenaga si Viar ada beberapa hal yg saya lakukan agar performa nya jauh lebih baik. maka dilakukan peng-upgrade-an pada point2 berikut :

1. mesin di overbore atau bore up dengan piston untuk supra/grand oversize 100 atau produk aspira yg satu set plus ringnya krn tinggal plug n play dengan oversize 100 jadi sekarang diameter piston jadi 51. perlu diketahui jangan sampai memakai piston aftermarket yg besar diameternya lebih dari 52, kemungkinan liner/selongsong akan tipis setelah di korter... jadi untuk supaya aman maksimal di korter sampai oversize 200 atau diameter 52 saja, ini aman buat harian atau turing jarak dekat. tapi kalo sobat mau extreem bisa saja bore up sampai diameter 54/55/56. Tapi liner/selongsong piston wajib ganti yg lebih besar / adopsi dari liner motor lain kaya jupiter z. untuk jelasnya coba diskusikan dengan bengkel bubut khusus korter motor pasti udah tahu..malahan biasanya bengkel udah nyediain atau jual liner sesuai keinginan kita. kenapa saya batasi sampai 55-56 karena kalau lebih besar dari itu liner atau selongsong akan nabrak baut blok pengikat. kecuali lobang baut pindah/geser itupun harus semua ini sangat extreem hrs bener2 kl gak mesin ancur...kemungkinan seher tiger diameter 62-an juga bisa masuk.

2. ganti Noken As racing / Cam shaft racing 280 derajat
tidak salah lagi dengan memodifkasi noken as performa motor bisa lebih yahutt lagi. karena skrg sudah bnyak noken as aftermarket jadi beli saja karena ukurannya pasti lebih presisi dari pada bubut ke tukang bengkel yg belum jelas hasilnya, untuk viar ini saya memakai noken as racing merk CLD dengan durasi 280 derajat untuk motor supra. karena memang mesin viar sama dengan supra lama atau grand.

gb. noken as racing CLD 280 supra.

3. lobang exhaust dan inhaust serta saluran ke knalpot di reamer...

4. mengganti stang piston / rod kit standar dengan stang piston/rod racing, untuk supaya performa bagus di tanjakan ada baiknya torsi harus naik mengingat langkah mesin viar atau mesin C100 cuma 49.5 dengan body yg lumayan bongsor dan rangka yg berat maka naik stoke adalah bagus, saya mencoba mengaplikasikan korek stroke dengan memakai stang piston racing 1 set aftermarket produk DG.

gb. stang piston/rod connecting produk DG

5. mengganti pen stroke standar dengan pen stroke aftermarket merk CLD +2. masih ada kaitannya dengan naik stroke, saya mencoba mengaplikasinya pen stoke racing +2 milik supra (ingat jeroan mesin = supra/grand ) kl cari buat viar sampai kiamat juga gag ada hehehe.... supaya tenaga viar lebih yahudttt...

pen stoke racing + 2 merk CLD.


6. mengganti Coil standar dengan Coil racing Blue Thunder V.4 (road race) untuk mengimbangi korek jeroan maka pengapianpun harus bagus, maka saya mengaplikasikan Koil Blue thunder versi drag race. koil ini terkenal dari dulu dari versi 1 sekarang sudah versi 4.

koil blue thunder versi 4 drag race.

7. Mengganti Pilot Jet dan Main Jet ukuran standar. ukuran standar viar untuk PJ = 40 dan MJ = 75, maka saya mencoba mengaplikasikan atau mencoba mengganti PJ dengan ukuran 42 merek extreem dan Main Jet TDR dengan ukuran 78. mengganti PJ dan MJ jodoh2an tergantung setingan karbu dan kondisi part mesin jadi bisa saja mesin malah jadi kurang performa atau brebet jadi harus coba2 ganti ukuran untuk PJ dan MJ ini.

PJ extreem dan MJ TDR ukuran hrs disesuaikan dgn korekan dan karbu.





korek ini bertujuan bukan untuk racing / balap apalagi bali ato balap liar...tapi semata2 buat menaikkan performa supaya mesin viar 97cc ini bisa lebih bertenaga dan sedikit lebih unggul dengan motor2 standar se-kelasnya sperti revo, supra fit, grand. Juga untuk mengimbangi langkah speed motor2 kelas 110-115 cc.. jadi viar gak diremehin lagi dengan kualitas mochin-nya.... sebenernya masih banyak yg harus di korek atau diganti, namun kantong udah kering rupanya,,besok2 nanti pasti akan di upgrade lagi seperti ganti klep 26/22, per klep racing, karbu 24 , busi iridium... jadi masih ada PR buat si Viar ku biar lebih mantabb lagi juga impian ku untuk mengganti liner yg lebih besar dan piston yg lebih besar lagi..... haha....mau balap kali ya .....

35 komentar:

  1. yang mau nge-post mangga.....

    BalasHapus
  2. cari pen stroke dan stang racingnya dimana??

    harga masing2 barang itu berapa??

    BalasHapus
  3. malem mas, spakbor depan itu diganti ya?
    ban depan pake ukuran berapa ?
    untuk jok bisa pake yang ukuran mx ga?

    tolong dijawab ya (^^)

    BalasHapus
  4. Tanya nih bro... pake knalpotnya nob1 punya jupiter-z ... emang "kepala" knalpotnya yang ke blok (gw ga tau namanya) masuk ???? apa harus nyambung pake kepala supra ???

    BalasHapus
  5. ok sobat bro gan, aku jawab :

    1. kl cari pen stroke , harga 200 - 250 rb aja. kl stang piston racing harga 250-300 rb-an. beli di bonjer III.
    2. spakbor gak diganti,ban depan 80/90, jok bisa pake MX.
    3. knalpot pake NOBI bisa pake yg jupiter Z karena lekukan pipanya gak bentur body itupun mepet pas banget, kl punya grand/supra bentur body, head knalpot nobi diganjal paking knalpot 2 keping supaya gak bocor. ini experimen lho bro2 tinggal pasang aja....

    BalasHapus
  6. Thank's jawabannya bro ... satu lagi nih ... kebetulan bengkel lgganan gw di bonjer jl. kelapa dua ... kalo beli knalpot nobi sama ban tubles yg murah dimana ya ??? trus body belakang di potong ya... ko jadi lancip begitu ... ga sayang tuh orisinilnya.... apa pake body belakang punya motor lain ??? kalo ada yang cocok pake body apa yah ??... biar motongnya ga sayang ....

    BalasHapus
  7. ban tubless harganya bervariasi tergantung merk bro..yg paling mahal merk brigestone/batlax , tp kl yg murmer tp bagus pake FDR atau Corsa jg ok corak2nya sporty, harga sekitar 300-350an, tergantung toko. trus klo body emang itu dipapas bro tadinya sih sayang tp gimana lagi soalna udah beli pairing pengganti bawahnya/lampunya,itu yg punya MX. tp kl musim ujan gini sebaiknya jgn bro jadi becek tuh belakang jok krn gag ada spakbor hehehe....

    BalasHapus
  8. bro kalo KTM sama Viar sama nga sich?

    gw punya mocin KTM model MX
    kalo punya sich Bro kan Viar model X1

    gw mao upgrade mesin biar kenceng kira" butuh dana brp ya?

    BalasHapus
  9. x1r club tuban raider31 Maret 2010 pukul 14.21

    aq pnx mtor yg sama ma ntor mu......

    pnxku udah aq modif.....

    mulai dr bodi smpai casis...

    yg blum tgal modif mesin ....

    tlong donk bro tiap spesifikasi model mesin srtain hargax juga.. biar tw brp kocek ygdibutuhkan utk modif mesin....

    makasi bro...

    BalasHapus
  10. mohon info...
    maw beli headlamp star MX di mana? n harganya brapa.. maybe tmn2 ada yg bisa bantu?

    BalasHapus
  11. star CX maksudnya..
    makasih sbelumnya..

    BalasHapus
  12. numpang nya kl ganti pen stroke +2 cld n klep shogun masih aman gk buat harian n harga klep imitasi shogun yg bagus merk ap y?

    BalasHapus
  13. bro, klo undertailnya ga pake spakboard, plat nomer taruh mana tuh ??? Ga ditangkep pak pulisi ?

    BalasHapus
  14. Bro, plat nomer blkg di taruh mana tuh ?

    ga ditangkep polisi ??? aku juga pengen pasang undertail kaya gitu

    BalasHapus
  15. Cakep motornya Bro..:)
    Salam kenal yah..
    Bro,Saya tertarik untuk membeli Viar Star CX
    top speed jadi berapa setelah modifikasi begitu?
    top speed saat motor masi standar berapa Bro?
    Mohon pencerahannya..Trims:)

    BalasHapus
  16. harga modif motornya brpa broo

    BalasHapus
  17. bro kalo harga stang nya doank berapa ya???
    ane lg minat nehh
    tq

    BalasHapus
  18. Wiiiihhhhh...... CooL Ane jg pke motor Viar Star CX tp msih standar.... Pngen d modif ky ente ky'y mantebb tuh . . . . aduh kpan ya haha

    BalasHapus
  19. sekalian harga dong bro...

    kira2 habis berapa ......trus masih nggak bergetar kalo di bawa....

    BalasHapus
  20. kalau modif seperti itu kira2 habis berapa? trus speed maksimalnya nyampai berapa? buat review ngoprek motorku bro

    BalasHapus
  21. aq mau tanya nih, kira2 ada gak gigi step buat viar star cx...?????

    BalasHapus
  22. aku mau tanya,apa star z jg sm mesinya dgn star cx dan apa sdi racing yang sama????

    BalasHapus
  23. aduh, itumah ribet ya om, ogut punya mochin merk loncin, cuma ganti mesin supra fit udah ajib banget om, skrg aja udah bore up pake seher kaze, cdi n koil racing, papas kem, karbu standaran, mochin ogut udeh bisa ninggalin honda blade lhooo,, mantap kan

    BalasHapus
  24. Wah jadi keren banget bro motornya..itu viar ya ?

    BalasHapus
  25. ass.slam kenal
    mtor gw star jg,gw mau tnya..gw kmren gnti krbu king,tp mtor gw ,lah mbrebeb,knpa y ??? ap prlu di opersis ?

    BalasHapus
  26. motor'y kren cuyyy...

    gw jg pnya yg kya gtu,mau gw modif tpi gw bingung mau modif gi mna.. coalnya viar ntu gmpng di modiv kren..
    gw bangga pnya viar...

    BalasHapus
  27. mw tnya nih viar kan cc nya 97 v lw minerva punya sya cm 86 cc,,,ap bisa seher nya dgnti sma jupiter z ataw kaze

    BalasHapus
  28. Mau tanya bro. Ane lagi nyari stang viar yg seperti motor gede (harley) dan kabel kopling, gas, dll. Kira2 dimana bisa didapat dan brapa harganya bro. Mohon infonya bro. Tanks. Ni nomor ane 08569995121. Darman.

    BalasHapus
  29. Bos kalau mau ngering motor starcx pakai trompol motor apa ya...?

    BalasHapus
  30. dibutuhkan body motor viar hubungi 085395544455

    BalasHapus
  31. Bagi agan2 yg punya motor viar, silahkan gabung d kaskus forum
    VIRUS(Viar Owner @Kaskus)
    Thx

    BalasHapus
  32. karbu king, piston grand, knalpot racing, kepala busi racing n busi iridium udah bisa imbangi revo. Tapi pintar² stel karbu n bakar lagi pistonnya gan.

    BalasHapus
  33. mohon info.y gan, klo motor viar star mx, kapnya itu ccknya ma kap motor Pa yaa?

    BalasHapus
  34. Mohon info bg.kalow motor viar stat cx kalow ganti bak kopling sama sama bakbkopling ap ya bg

    BalasHapus
  35. Saya LG cari Viar star cx...082319514805

    BalasHapus